RSS

KAJIAN HIKAM ~BAG 07~

Oleh : Mbah Jenggot II

لَايُشَكِّكَنَّكَ فِي الْوَعْدِ عَدَمُ وُقُوْعِ الُمَوْعُوْدِ وَإِنْ تَعَيَّنَ زَمَنُهُ لِئَلَّا يَكُوْنَ ذَلِكَ قَدْحًا فِيْ بَصِيْرَتِكَ وَإِخْمَادًا لِنُوْرِ سَرِيْرَتِكَ

TERJEMAH BAHASA NASIONAL :
...

Tak terjadinya sesuatu yang dijanjikan, padahal waktunya telah tiba, janganlah sampai membuatmu ragu terhadap janji Allah itu. Supaya, yang demikian tidak mengotori pandangan mata batinmu dan memadamkan cahaya relung hatimu.
==============================
=================
Makno Djenggot (gandul)

Ojo nganti andadekake mamange sira ing dalem janjine Allah ING ora ono tumibane apa kang dijanjiake dening Allah senajan nyata mangsane apa kang dijanjiake,supaya ora dadi cacat ing dalem peningale atinira lan nglerepake ing nure ati ira.
==============================
===================

Hikmah ini lebih umum dari hikmah sebelumnya, karena berkaitan juga dengan janji Allah atas manusia. Manusia tidak boleh meragukan apa yang telah dijanjikan oleh Allah kepadanya, karena hati yang ragu akan membawa akibat rusaknya iman dan lenyapnya sinar Allah dari hati kita. Apabila Allah menjanjikan dalam kitabnya, kemudian belum terealisir dalam waktu atau tahun tertentu yang engkau kehendaki, maka janganlah engkau meragukan janji Allah tersebut. Allah SWT adalah Dzat yang Maha Kuasa dan mengetahui kapan dan bilamana permintaan seorang hamba akan dikabulkan. Manusia dalam hubungannya dengan Allah tidaklah semata-mata karena ia tahu bahwa Allah itu ada, melainkan mampu berhubungan dengan Allah melalui bashîrah (mata hati rohaninya). Jika janji Allah itu belum terealisir, maka orang-orang yang arif mengetahui mungkin karena sebab dan syarat amal manusia itu belum tercukupi.
==============================
===================
Wong kang lagi anggayuh ana ing maqom ihsan yaiku kang selagine suluk usaha keparek kelawan Allah,derapun ora nyawang apa2 kejaba marang Allah Ta'ala iku kadang nrimo keterangan-ketengan saka Allah ing dalem ngimpi,utawa ilham saka Malaikat utawa kerentek saking Rahmani arupa janji bakal kedadiyan ngono lan ngono utawa bakal oleh futuh saking Allah kelawan wektu kang wis dijanjiake,nuli durung kawujud ing wektu kang dijanjiake mau.Maka wong mau ojo kongsi mamang senadyan wis wektune,sebab mamang ing janjine Allah iku anyebabake cacate peningal ati lan ngleremake nure ati....

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS