RSS

SUAMI & PENGEMIS

 
Diceritakan dlm syarah rotib haddad :

Suatu hari,sepasang suami istri sdg mkn dirmhnya. Tiba2 pintu rmhx diketuk seorg pengemis. Melihat keadaan si pengemis itu,si istri merasa terharu dan b'mksd memberikan sesuatu.
tpi sbgi sorg wanita baik dan patuh pd suaminya,ia meminta izin t'lbh dahulu, "suamiku,blhkah aku memberi mknan kpd pengemis itu?"

Rupanya sang suami memiliki karakter yg berbeda dgn wanita ini. Dgn suara lantang dan ksr,ia menjawab, "jangan! Usir saja, dan tutup pintu!"

Wanita berhati baik ini terpaksa tdk memberikan apa2 kpd si pengemis tadi.

Seiring berjalannya wkt,lelaki ini bangkrut,kekayaannya hbs,dan ia menanggung byk hutang. Selain itu,krn ketidak sifat yg berbeda dg istrix, rmh tangganya berakhir dg perceraian.

Bbrp thn kemudian bekas istri lelaki bangkrut itu menikah lg dg seorang saudagar di kota dan hdp berbahagia.
Pada suatu hari,ketika wanita itu sdg mkn dg suami barux, tiba2 ia mendengar pintu rmhx diketuk orang. Stlh pintu dibuka ternyata tamu tak diundang itu adlh pengemis yg keadaanx membuat hati wanita tadi terharu. Ia pun berkata kpd suamix, "suamiku blhkah aku memberikan sesuatu kpd pengemis ini?"

"Ya, beri pengemis itu makan sayang!"

Stlh memberi makanan kpd pengemis itu, istrinya msk ke dalam rumah sambil menangis. Dengan rasa heran suamix bertanya, "mengapa kau menangis? Apakah karna aku menyuruhmu memberikan daging ayam pd pengemis itu?"

Wanita itu menggeleng lemah, lalu berkata dengan sedih, "suamiku, aku sedih dengan perjalanan takdir yg sungguh menakjubkan. Tahukah engkau siapa pengemis yg ada diluar itu? Dia adalah suamiku yg pertama."
Mendengar keterangan ini, sang suami sedikit terkejut, tp segera balik bertanya, "taukah kau siapakah aku yg kini menjadi suamimu ini? Aku adalah pengemis yg dulu diusirx !?



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS